Langit Musik bersama RCTI Kembali Hadirkan Indonesia Music Awards 2023

Jakarta – Mediakoran.com

Indonesia Music Awards (IMA) 2023, ajang penghargaan bergengsi untuk para musisi Indonesia, akan kembali diselenggarakan.

Nuon Digital Indonesia (Nuon) melalui Langit Musik bersama dengan RCTI memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mendukung musisi favoritnya melalui voting pada 7 November hingga 5 Desember 2023 (pukul 23.59 WIB).

Puncak penghargaan IMA 2023 bakal disiarkan secara langsung di RCTI pada 7 Desember 2023 mulai pukul 21.30 WIB dari salah satu studio tercanggih di Asia, yakni Studio RCTI+ yang bertempat di kawasan MNC Studios, Jakarta.

“Kesuksesan yang diraih dalam gelaran dua tahun sebelumnya secara berturut-turut, menjadikan IMA masuk dalam jajaran program andalan RCTI dalam ajang penghargaan. Pada tahun ke-3 ini, kami berkomitmen memberikan apresiasi yang lebih luas kepada para musisi bertalenta tanah air, yang tak hanya menghibur masyarakat luas, namun juga memperkaya keragaman blantika musik Indonesia. Melalui IMA 2023, kami berharap akan semakin banyak pelaku industri kreatif di tanah air yang dapat menciptakan karya terbaiknya bahkan hingga bersaing di kancah internasional,” ujar Programming & Acquisition Director RCTI, Dini Putri.

Sementara itu, CEO Nuon Digital Indonesia, Aris Sudewo turut menyampaikan optimisme yang sama, “IMA 2023 adalah bukti nyata dari komitmen Nuon dan RCTI dalam mendukung serta memajukan industri musik Indonesia. Nuon terus mendukung musik Indonesia, membawa pengalaman mendalam kepada para penggemar, dan membantu memberikan ruang berkarya yang inklusif bagi para musisi Tanah Air.”

Sejalan dengan tagline Langit Musik, yaitu “Musik Indonesia Juara”, IMA 2023 mengajak masyarakat Indonesia semakin mengapresiasi karya musik dalam negeri. Langit Musik, sebagai mitra utama IMA 2023, turut mendukung penuh musik Indonesia populer melalui kampanye “Pop Lokal”.

Salah satunya, Langit Musik mempersembahkan program “Kamar Wika”, sebuah seri talkshow yang dipandu oleh Wika Salim dan bekerja sama dengan AllPlay Ent by IndiHome.

Program ini menjadi sarana interaktif untuk para penggemar musik yang ingin lebih mengenal musisi dan sosok-sosok terkemuka dalam industri musik Indonesia.

Nuon berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan produk di mana dalam waktu dekat Langit Musik akan mengembangkan Android Auto, Android TV dan juga teknologi artificial intelligence (AI) untuk rekomendasi musik sehingga besar harapan Langit Musik akan menjadi aplikasi musik streaming kebanggaan tanah air yang semakin memudahkan penggunanya.

“IMA 2023 adalah wujud konkret dari komitmen kami di Langit Musik untuk terus mendukung musisi Indonesia bertumbuh dalam karya. Dukungan ini tidak hanya terwujud melalui program-program taktis, tetapi juga melalui acara besar seperti IMA 2023 sebagai bentuk apresiasi dan perayaan kemajuan dan keberagaman musik Indonesia selama setahun terakhir,” tambah Aris Sudewo.

Penyusunan Nominasi IMA 2023 Berlangsung Ketat

Nominasi dalam setiap kategori IMA 2023 telah disusun melalui proses seleksi yang sangat ketat, berdasarkan data streaming Langit Musik dan aktivasi NSP selama periode 2022-2023.

Dengan demikian, daftar nominasi ini sudah sangat relevan dengan tren musik yang berlangsung selama periode tersebut.

Berbeda dengan IMA 2022, pada IMA 2023 akan ada 14 kategori di mana pemenangnya akan ditentukan berdasarkan voting dari masyarakat melalui aplikasi Langit Musik.

Di samping itu, terdapat pula kategori spesial berupa Langitku Artist of the Year dan Langit Musik Lifetime Achievement Award.

Khusus untuk Langit Musik Lifetime Achievement Award ini dipilih berdasarkan penilaian dewan juri atas dasar karya, pengaruh dan kontribusi terhadap musik Indonesia.

Juri yang menghadiri prosesi seleksi nominasi di antaranya adalah Agustinus Shindu Alpito dari Medcom.id, Bambang Heri Hermawan dari MARI Grup, dan Wahyu Nugroho dari Pop Hari Ini.

Semarak malam puncak IMA 2023 akan dipandu oleh host dan pembaca nominasi dari kalangan artis kenamaan, serta diikuti oleh rangkaian hiburan atau penampilan dari musisi terkenal favorit masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, seluruh pecinta musik Indonesia dapat menantikan malam puncak IMA 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 7 Desember 2023 mendatang dengan beragam keseruan dan kejutan yang sayang untuk dilewatkan.

Informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan IMA 2023 dapat dilihat pada tautan berikut: tsel.me/langitmusik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *