Audiensi Pewarna Indonesia dan Dewan Pers: Menjaga Kualitas Jurnalis yang Handal dan Terpercaya

Jakarta – mediakoran.com

Hubungan Pewarna Indonesia dengan Dewan Pers sudah dimulai sejak kepemimpinan (Alm) Leo Batubara, dan tetap berjalan hingga kini.

Menurut Yusuf Mujiono Ketua Umum Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (Pewarna Indonesia), profesi jurnalis memiliki peran penting bagi kebutuhan informasi publik, untuk itu perlu mengikuti ketentuan yang sudah di atur dalam UU Pers dan kode etik jurnalistik. “Dalam rangka peningkatan dan pengakuan kualitas Jurnalis maka perlu dukungan dan kerjasama dengan Dewan Pers” ungkap Yusuf dalam perbincangan audiensi via Zoom dengan Dewan Pers (DP) Jumat (1/7) yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Yusuf menambahkan, permohonan pewarna agar dewan pers memfasilitasi untuk uji kompetensi serta menjadikan pewarna sebagai anggota dewan pers atau konstituennya dewan pers dan mengupayakan pewarna bisa membuat lembaga penguji.

Hadir mewakili Dewan Pers, Totok Suryanto ketua komisi hubungan antar lembaga dan luar negeri, Maria Susilawati sekretariat Dewan Pers.

Atas pernyataan Ketum Pewarna Indonesia, Totok menyambut baik dan akan meneruskan dalam rapat dewan Pers. “Saya apresiasi Pewarna Indonesia sebagai organisasi pers yang sudah memiliki kepengurusan daerah di hampir sebagian jumlah propinsi, ujarnya. Totok juga mengharapkan jurnalis pewarna Indonesia untuk menjaga kepentingan masyarakat dalam pemberitaannya.

Pertemuan yang berlangsung relatif singkat ini dari Pewarna Indonesia selain Ketua umum Yusuf Mujiono hadir Sekretaris Jenderal Pewarna Indonesia, Ronald Stevly Onibala, Bendahara Umum Albert Muntu, ketua Departemen (Dept) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Ashiong Munthe, Ketua Dept. Pelatihan Jurnalistik Prambudi, Pengurus Dept. Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Endharmoko,
Penasehat Pengurus Daerah (PD) Banten Henry Winoto, Ketua PD Banten Philip Bulolo, Ketua PD. DKI Jakarta Johan P. Silaban, Ketua PD Jawa Barat Kefas Hervin Devananda yang biasa di Sapa Romo Kefas, ketua PD Yogyakarta Harun Sumadi, Ketua PD Jawa Timur Meilamsen Simamora, Ketua PD Bali Vidi Simanjuntak, Ketua PD Sulawesi Utara Sisco Mamossoch, Ketua PD Kalimantan Tengah Frida Magdalena.

Pada kesempatan tersebut Sekjen Pewarna Indonesia Ronald Onibala menginformasikan jumlah keanggotaan dan kepengurusan Pewarna Indonesia dan progres kegiatan Pewarna Indonesia.

(Moko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *