Pembukaan PESPARAWI NASIONAL XIII Yogyakarta, Mengangkat UKM & UKMK Daerah

Yogyakarta – Mediakoran.com

Mewakili Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY, Dr KH Masmin Afif membuka pameran Harmony Expo 2022, Minggu (19/6/2022) siang, yang merupakan pembuka rangkaian gelaran PESPARAWI (Pesta Paduan Suara Gereja) XIII.

Masmin Afif mengatakan, pameran tersebut menjadi wahana yang baik untuk kebangkitan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pasca hantaman pandemi Covid-19.

“Melalui kegiatan Pesparawi ini, untuk bisa membangkitkan UMKM di DIY khususnya, dan seluruh UMKM yang hadir di sini. Tadi saya keliling dan lihat ada dari NTB, ada dari Papua, dari Sumatera, dari Maluku Utara dan sebagainya,” ujarnya.

Selanjutnya beliau berharap, dari puluhan ribu orang yang hadir di ajang Pesparawi 2022 di Yogyakarta, baik peserta, offisial, suporter maupun media massa, dapat mengangkat lebih luas potensi UMKM.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan promosi, sosialisasi terhadap seluruh UMKM yang hadir,” terangnya.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Klaten, Jawa Tengah ini juga berharap UMKM ditampilkan di Harmony Expo menarik pengunjung sehingga dapat menimbulkan transaksi ekonomi yang menguntungkan.

“Semoga ini bisa menjadi wahana kebangkitan ekonomi UMKM dari keterpurukan setelah dua tahun kita dicoba dengan pandemi,” ungkap Masmin.

Sementara itu, Rico Siby dari Digci EO, selaku panitia pelaksana Harmony Expo menyatakan, dari sekitar 300 stan yang berpartisipasi di JEC, lebih dari 80 persen diisi UMKM.

“Ya ada sekitar 250-300 stan di sini. Dari jumlah itu hampir 90 persen UMKM, selebihnya dari dinas-dinas pemerintah daerah di luar DIY,” katanya.

Rico berharap pameran tersebut, tak hanya sekadar ajang memeriahkan Pesparawi, namun juga dapat memperkenalkan potensi UMKM.

“Kami akan berupaya menghadirkan pengunjung lokal untuk memeriahkan acara ini, karena selama delapan hari, tentu banyak acara yang ada di Pesparawi ini,” tandas Rico.

Dimulai dari pameran Harmony Expo 2022 dan karnaval para kontingen sore nanti di jalan Malioboro,dimulai dari titik nol diakhiri di kompleks kantor kepatihan dilanjutkan makan malam dengan Sultan Yogyakarta.

Pesparawi 2022 resmi dimulai 19-26 Juni 2022. Presiden Jokowi sendiri dipastikan akan hadir di Yogyakarta, Senin (20/6/2022) sore, untuk membuka ajang Pesparawi NASIONAL XIII tahun ini. (Romo Kefas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *