Wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat Memiliki Potensi Kekayaan Sumber Daya Alam yang Melimpah, Diantaranya Energi Panas Bumi

Bogor | mediakoran.com

Guna mengoptimalkan SDA tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor, mendukung rencana Star Energy Geothermal Salak (SEGS), yang akan mengembangkan energi panas bumi yang bakal diubah menjadi sumber penghasil listrik.

Disampaikan Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Bogor Budi Cahyadi Wiryadi selain memberi sumber energi listrik untuk wilayah Kabupaten Bogor, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) itu memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

“Karena ini energi terbarukan, bukan energi habis pakai, jadi bisa diperbaharui lagi. Apa lagi dari pihak pengembang juga bersedia memberikan Pemkab Bogor sejumlah bonus tambahan dari program ini,” kata Budi Cahyadi Wiryadi beberapa waktu lalu.

“Tata kelola sumber daya alam atau SDA di Kabupaten Bogor harus diperbaiki untuk mengatasi krisis lingkungan dan meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Kab Bogor,” ungkap Rohmat Selamat, S.H., M.Kn. Ketua DPC PWRI Bogor.

“Pemkab Bogor dan semua pihak yang terkait dalam pengelolaan sumber daya alam ini, agar tidak mengesampingkan aspek lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Aspek lingkungan ini penting, karena melekat dalam pengelolaan sumber daya alam,” lanjut Rohmat Selamat, kepada media, sabtu (4/6/2022).

Rohmat mengatakan, perubahan sosial dalam masyarakat sudah bisa dipastikan akan terjadi akibat dari pembangunan di suatu wilayah. Kesempatan baru dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat berjalan seiring dengan segala akibat positif dan negatifnya dari pembangunan tersebut.

“Masyarakat harus mendapatkan kesejahteraan dari pengelolaan energy panas bumi ataupun Bonus Produksi tersebut, jangan hanya dinikmati orang-orang tertentu saja,” tandasnya.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-540 tahun 2022, Jumat 3 Juni 2022. Rohmat Selamat mengucapkan Selamat HUT Bogor Ke 540 dan jangan salah urus Bonus Produksi jadikan untuk modal pemulihan ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bogor.

(Basirun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *