Inilah Cara Merawat AC Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

MediaKoran – Otomotif,

Air Conditioner mobil atau AC yang memiliki fungsi mendinginkan suhu membuatnya jadi kebutuhan utama dalam berkendara. Hanya saja, banyak pemilik mobil yang tidak mengerti cara perawatan AC atau bahkan tidak pernah menyervisnya sama sekali.

Padahal, jika dibiarkan begitu saja, maka kinerja yang dihasilkan AC untuk mendinginkan suhu dalam mobil jadi tidak prima. Dalam menyervis AC mobil, tidak bisa hanya dengan membersihkan filter atau mengisi ulang freonnya saja. Ada beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan agar AC tetap bekerja sesuai fungsinya.

Bagaimana cara merawat AC mobil dengan baik? Hendrik selaku Co-Founder Zerone Japan, produsen sekaligus retailer produk perawatan mobil, menjelaskan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat AC mobil agar tetap prima.

Cara paling sederhana adalah dengan rajin merawat dan membersihkan interior mobil seperti karpet, lantai, plafon, kabin, dan jok mobil. Interior mobil yang kotor, misalkan dipenuhi banyak debu, dapat menghambat kinerja filter AC.

“Sehingga filter AC pun ikut kotor dan tidak bisa mengeluarkan suhu dingin yang sesuai,” kata Hendrik.

Cara kedua adalah dengan tidak menyalakan AC saat membuka kaca mobil. Hal ini akan membuat debu, kotoran, dan partikel-partikel menempel di lubang AC.

“Jika ingin membuka kaca, ada baiknya AC dimatikan terlebih dahulu. Tujuannya agar filter AC tidak terpapar polusi debu dan kotoran dari jalanan,” lanjut dia.

Cara ketiga adalah dengan tidak langsung menyalakan AC ketika mobil baru dihidupkan. Ada banyak dampak buruk yang terjadi karena menyalakan AC saat mobil baru hidup, di antaranya adalah menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Biasanya, saat menghidupkan mobil yang terparkir, banyak orang yang langsung menyalakan AC untuk mendinginkan suhu mobil yang terkena terik matahari. Menurut Hendrik, hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan pengemudi.

“Karena itulah, ada baiknya mencari tempat parkir yang lebih teduh dan tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Sehingga kita tidak harus menyalakan AC saat mobil baru dihidupkan,” ungkap Hendrik.

Cara merawat AC mobil juga bisa dilakukan dengan membersihkan kondesnor AC secara rutin. Caranya dengan membuka kap mesin mobil, kemudian carilah mesin yang memiliki bentuk seperti radiator. Lalu, semprot dengan air yang kencang. Hal ini dilakukan agar kondensor bersih dari kotoran dan debu, di samping itu juga menghindari karatan dan keropos.

Selanjutnya, jangan lupa membersihkan dan merawat evaporator unit AC atau ventilasi udara mobil. Untuk membersihkan ini, kita bisa menggunakan Zerone AC Refresher, salah satu produk terlaris yang dirilis oleh Zerone Japan.

Zerone AC Refresher merupakan formula Jepang yang digunakan untuk membersihkan ventilasi udara atau evaporator unit AC. Produk ini teruji mampu membersihkan debu, bakteri, bahkan jamur, sehingga udara AC menjadi bersih dan menghasilkan suhu aroma segar.

Cara penggunaan produk ini terbilang mudah. Sebelum menggunakannya, kita harus memastikan AC mobil dalam keadaan mati. Kemudian, siapkan AC Refresher beserta selang khusus yang telah tersedia, kocok terlebih dahulu. Lalu semprotkan AC Refresher secara merata pada ruang kisi-kisi atau ventilasi AC.

Setelah itu, tunggulah selama 15 menit untuk penyerapan sistem kerja busa AC Refresher. Apabila sudah, maka mesin mobil dan AC sudah dapat dihidupkan.

Nah, itulah beberapa cara merawat AC mobil dengan baik dari Zerone Japan. Dengan menerapkannya secara rutin, maka percayalah bahwa peforma kinerja AC mobil kita akan terus prima.

Produk milik Zerone Japan tersebut dapat ditemukan di berbagai platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak, serta bisa diakses melalui website resmi zeronejapan.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *