Ketua DPC PWRI Bogor : Instansi Pemerintah Harus Bersinergi Dengan Pers

Kabupaten Bogor – Mediakoran.com

Momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, hendaknya menjadi momentum untuk memperkuat sinergitas antara wartawan dengan instansi pemerintah maupun Dewan, terutama soal penyampaian data, keterbukaan dan kecepatan respon.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Bogor, Rohmat Selamat, SH, M.Kn, kepada media, di Bogor, Rabu (10/2/2021).

“Mari kita jadikan momentum HPN ini, untuk membangun sinergitas yang baik antara instansi pemerintah maupun Dewan, agar tidak terjadi kesenjangan. Wartawan memiliki peran strategis untuk mengedukasi masyarakat, termasuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan di daerah,” kata Rohmat Selamat.

Rohmat berujar, yang sering terjadi saat ini, timbul kesenjangan, untuk mengungkap sesuatu, wartawan mencari data sendiri dan memperluas spekulasi sendiri, sehingga terjadi kesalah pahaman.“Instansi pemerintah, seharusnya tidak salah kaprah dengan kedatangan juru warta. Khususnya terkait kebijakan dalam hal pemberitaan. Instansi pemerintah harus benar-benar paham seperti apa pemberitaan yang bernilai kepentingan publik,” ujarnya.

“Kriminalisasi Terhadap Pers sebagai sebuah tindakan yang sesungguhnya mencederai demokrasi dan hak asasi manusia itu sendiri. Karya jurnalistik bukanlah kejahatan, dan para jurnalis sudah sepantasnya dibela,dengan sehormat hormatnya dan sebaik – baiknya, “tegasnya.

Rohmat berharap, sinergi pers dan pemerintah selalu terjaga dengan baik, apalagi pers merupakan pilar demokrasi.

“Apa yang dilakukan pemerintah maupun legislatif tidak akan diketahui masyarakat jika tidak ada yang menyampaikan atau menyebar luaskan, yaitu pers,” tegas Rohmat. (Yus /PWRI /Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *